berbagi kasih dengan anak-anak di panti asuhan Betlehem

 

Panti asuhan yang menjadi tempat kunjungan berbagi kasih ini adalah Panti Asuhan Putra “BETLEHEM” yang terletak di Jl. Musi Raya no.02 RT 011 RW 004 Kelurahan Bugangan Semarang Timur. Panti asuhan ini adalah bagian dari pelayanan sosial Gereja Bala Keselamatan yang berkedudukan di Semarang. Panti asuhan ini dikhususkan bagianak – anak putra saja. Sistem pengasuhan panti asuhan ini berbentuk asrama di bawah pimpinan seorang pendeta Bala Keselamatan. Panti asuhan putra “BETLEHEM” saat ini memiliki anak asuh kurang lebih 23 anak panti yang terdiri dari 7 anak SD, 5 anak SMP, dan11 anak SMA/SMK. Mereka semua berasal dari daerah yang berbeda – beda. Pada prinsipnya perekrut anak diprioritaskan pada anak – anak yang berasal daridaerah konflik, dan juga pada anak – anak yang orang tuanya tidak bisa memenuhi kebutuhan anaknya, baik secara materi maupun kebutuhan akan kasih sayang dan perhatian. Ada pun panti asuhan ini memiliki beberapa pengurus yang bertanggungjawab terhadap operasional panti setiap hari. Para pengurus tersebut terdiri dari jabatan dan peran yang berbeda. Pada prinsipnya sistem pelayanan di panti asuhan ini tidak membedakan pengurus dan pengasuh, mulai dari pimpinan, sekretaris, bendahara, bagian umum, serta bagian kebersihan dan kesehatan semuanya berperan sebagai pengasuh. Oleh karena panti asuhan ini adalah lembaga sosial yang berbasis keagamaan khususnya Kristen Protestan, maka beberapa pengurusnya atau pengasuhnya merupakan para pemuka agama Kristen Gereja Bala Keselamatan yang menjalani pelayanan sosial di panti asuhan ini. 

 

Bala Keselamatan adalah sebuah lembaga Gereja yang berawal dari organisasi misi Kristen di kawasan London Timur. Menurut sejarah sebenarnya pelayanan ini sudah ada sejak tahun 1905 yang masih berpusat kepada keluarga yang kurang mampu dan miskin. Namun oleh perkembangan waktu dan keadaan maka dirasa perlu mendirikan panti asuhan khusus anak – anak, sehingga tanggal 20 April 1969 berdirilah panti asuhan anak yang menampung anak pria dan wanita dengan mengambil tempat bekas bangunan yang dipakai untuk panti karya Bala Keselamatan. Dengan seiringnya waktu berjalan maka dirasa perlu untuk memisahkan antara anak pria dan wanita sehingga terjadilah pemisahan dengan memindahkan anak wanita ke panti asuhan anak – anak wanita di Bandung dan Malang, sedang anak pria tetap di Semarang dengan nama panti asuhan “BETLEHEM”.

Bersama anak – anak panti asuhan “BETLEHEM” ini kami belajar untuk berbagi kasih dan merasakan yang mereka rasakan. Khususnya dengan anak – anak dari keluarga tidak harmonis, dimana mereka tidak merasakan kebahagiaan di tengah- tengah keluarga. 

 

Joomla templates by a4joomla