Dalam rangka menyiapkan mahasiswa dalam pengajuan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang rutin diselenggarakan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Politeknik Katolik Mangunwijaya menggelar workshop PKM melalui Bidang kemahasiswaan, Sabtu, 5 Oktober 2019. Kegiatan ini bertempat di Gedung Theater, Kampus 3, Jl. Mayjen Soetojo 69 Semarang dan diikuti oleh 188 peserta, meliputi dosen pembimbing dan mahasiswa dari tiap prodi.

Kegiatan workshop dibuka oleh sambutan dari Lucia Hermawati Rahayu, S.Si., M.T. selaku Wakil Direktur III. Dalam sambutannya Lucia memberikan semangat kepada mahasiswa Polteka untuk membuat PKM dengan menyampaikan capaian PKM Polteka tahun lalu, dimana pada 2018 terdapat tujuh proposal yang berhasil didanai Dikti dari 31 proposal PKM yang dikirim. Raihan ini menempatkan Polteka Mangunwijaya di peringkat ke-9 dari 55 PTS yang mendapat hibah PKM di wilayah LLDIKTI VI Jawa Tengah. Lucia berharap agar setelah mengikuti workshop tersebut mahasiswa lebih kreatif dan inovatif dalam membuat PKM dan proposal yang dihasilkan tahun ini dapat meningkat dari segi kualitas dan kuantitas agar jumlah PKM yang terdanai tahun 2020 meningkat atau dapat dipertahankan serta mampu menembus PIMNAS.
Workshop yang bertajuk ‘Gali Potensi, Raih Prestasi Melalui Program Kreativitas’ tersebut menghadirkan narasumber Dr. Tommi Yuniawan, S.Pd., M. Hum., rewiewer PKM dari Kemenristekdikti.

Pemaparan narasumber workshop ini meliputi 3 topik. Pada topik pertama tentang Kiat Sukses PKM, Dr. Tommi menekankan pentingnya menggagas ide kreatif yang unik/nyentrik, orisinil, dan solutif, serta menuliskan ide kreatif tersebut dalam tulisan/proposal PKM yang harus sesuai ketentuan panduan terbaru. Di topik kedua tentang monev PKM, beliau mengulas hal-hal yang harus diantisipasi dengan baik terkait pelaksanaan monev internal dan eksternal yang memiliki bobot nilai 50% untuk ke Pimnas. Terakhir, dalam paparan dengan topik Sukses PIMNAS Dr. Tommi menjelaskan tentang pelaksanaan, penilaian, dan kunci sukses memenangi Pimnas.

Share This